Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Setelah kita melakukan Installasi XAMPP maka selanjutnya kita dapat membuat Websites baik untuk Websites utama maupun sejumlah SubDomain.  Dimana masing-masing Subdomain yang kitabuat berdasarkan Subfolder yang kita buat di dalam folder C:\xampp\htdocs . Salah satu diantaranya kita akan melakukan Installasi WordPress.

http://jamesbond.xp-solution.com/panduan-installasi-xampp-untuk-webserver

Step by stepnya adalah sebagai berikut :

Pertama : Download WordPress di : http://wordpress.org/latest.zip

Kedua : File hasil download tersebut di Extract ke PC kita, misalnya ke folde C:\XAMPP\HTDOCS\XP-SOLUTION.

Ketiga : Selanjutnya kita buka MySQL / PhpMyAdmin dengan mengakses IP Address PC kita : http://192.168.1.100/phpmyadmin. Lalu kita buat User Baru misalnya : xps dengan password : xps . Selanjutnya kita buat sebuah database baru dengan nama : xp-solution dan jangan lupa untuk menyeting User xps tadi dapat melakukan full akses ke database tersebut. Jadi intinya adalah sebuah Websites WordPress yang kita buat membutuhkan sebuah database untuk menampung artikel, file images serta berbagai tabel lainnya.

Ketiga : Selanjutnya kita akses ke http://192.168.1.100/xp-solution ( atau bisa diterjemahkan sebagai folder : C:\xampp\htdocs\xp-solution ). Setelah tampil seperti gambar dibawah ini lalu klik “Create Configuration file”.

Keempat : Sebelum kita lakukan Installasi ini, kita telah menyiapkan / membuat database di MySql dengan nama Database xp-solution, Username = xps, Password = xps, untuk database host dapat kita isikan localhost. Informasi inilah yang harus kita siapkan dengan benar dan akan kita gunakan dalam tahap berikutnya. Btw, kita juga dapat melakukan atau membuat konfigurasi worpress ini secara manual dengan mengedit file : wp-config.php

Kelima : Selanjutnya seperti tampilan gambar dibawah ini, setting yang telah kita siapkan dan selanjutnya klik “Submit”.

Keenam : Setelah kita klik “Submit”, jika setting kita sudah tepat dan benar maka akan tampil seperti gambar dibawah ini dan klik “Run The Install” .

Ketujuh : Setelah kita akan diminta untuk menentukan Titel Blog kita dan email kita ( email Admin WordPress ), lalu klik Install WordPress untuk memulai proses installasi.

Kedelapan : Selanjutnya akan dilakukan proses installasi dan setelah selesai websites wordpress kita akan memberikan Username Admin dan password-nya. Catat dan simpan Admin password ini karena kita akan gunakan untuk Login pertama kali, selanjutnya kita dapat melakukan pengantian password tersebut sesuai dengan password yang kita kehendaki.


Kesembilan : Selanjutnya kita akses ke http://192.168.1.100/xp-solution .  Gunakan Username Admin dan password yang telah diberikan tadi.

Kesepuluh : Selanjutnya akan tampil Dashboard WordPress kita untuk melakukan konfigurasi lebih lanjut.

Kesebelas : Kita dapat melakukan konfigurasi lebih lanjut, membuat / mengedit artikel, menambah / menganti thema tampilan wordpress kita, menambah Plugin, menambah / mengubah user, menganti format tampilan Dashboard,  mengatur format tampilan websites kita dengan mengatur penempatan Widget, mengatur komentar, Export-Import-Upgrade, dll.

Keduabelas : Kita lihat hasilnya dan websites WordPress kita telah berfungsi dengan baik dan selanjutnya kita dapat menambah artikel sebanyak mungkin dengan konten yang bermanfaat, menambah fitur sehingga tampil secantik mungkin serta isi artikel yang informatif sehingga MENGUNDANG RASA PENASARAN PENGUNJUNGNYA UNTUK DATANG KEMBALI…

Dan………… Selamat berkarya, selamat berkreasi dan selamat berinovasi… Saya secara pribadi mengucapkan rasa hormat yang setinggi-tinggi bagi anda para Web Master, Web Desainer, Web Administrator karena anda adalah salah seorang pejuang TI Indonesia, anda adalah bagian dari perkembangan dunia teknologi informasi. Karya anda mengisi Dunia Cyber, berbagi informasi tanpa henti dan tanpa pamrih. Harapan saya semoga profesi anda dan perjuangan anda tidak dilihat sebelah mata oleh orang, tapi anda layak mendapatkan penghormatan yang sepantasnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s