Trik membuat file MP3 ramping dengan DIET MP3

Posted: April 6, 2010 in GLOBAL INFO, Posting Kang N4th4n, Tips & Trik Internet, Usefull Tools, Wordpress
Tags:

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Sekalipun sore ini saya sudah lowbat dan kepala saya kayak ada beban 10 KG, tapi karena lagi mood bikin artikel yang asyik maka saya coba selesaikan bikin 1 artikel ini. Yaitu Trik membuat file MP3 yang ramping dengan software Diet MP3.

Dulu… waktu baru keluar handphone produk Nokia N3600, kalo gak salah tahun 2003-an lalu. Memory handphone masih sangat terbatas 64 MB atau 128 MB. Nah pemilik HP tentu ingin menyimpan koleksi lagu MP3 sebanyak mungkin. Bayangkan memory 64 MP di bagi 3 MB per lagu, cuman dapat menyimpan 20 lagu MP3 aja. Capek dech… Dengan Diet MP3 ini kita bisa mengompress / memadatkan sebuah lagu MP3 sebesar 3 MB menjadi sekitar 500 KB. Wowww…. se-per-enam-nya dech…

Nah… waktu saya lagi utak – atik PLUGIN Mp3 Player untuk Artikel.XCode, saya jadi ingat sama Diet MP3 dan cukup asyik juga untuk menaruh file MP3 hasil Diet ini di websites kita. Praktis, ekonomis, hemat space hosting dan hemat bandwith serta penikmat lagu MP3 kita juga tetap bisa asyik memutar lagu kita dengan lancar tanpa NYUT – NYUT-an karena bandwith lemot.

Oke lah kalo begitu, berikut ini tahapan step by step-nya :

Pertama : Download Diet MP3 dari :

http://www.4shared.com/file/13110134/77069f8e/Diet_MP3.html

Kedua : Install Diet MP3 ke PC kita.

Ketiga : Jalankan aplikasi Diet MP3, lalu klik folder yang akan kita kompres file MP3-nya seperti gambar dibawah ini :

Keempat : Pilih file MP3 yang akan di kompress lalu Drag ‘n Drop lokasi file target.

Kelima : Tentukan folder untuk penyimpanan file MP3 hasil kompresan nanti.

Keenam : Lakukan setting jenis kompresi MP3 yang akan kita buat dengan meng-klik menu OPTION, lalu pilih tab QUALITY dab selanjutnya pilih “Phone Quality”.

Ketujuh : Selanjutnya Klik “OK” lalu Klik “START DIET”.

Kedelapan : Tunggu hingga proses kompresi semua file MP3 kita selesai.

Kesembilan : Setelah kompresi file MP3 kita telah selesai, kita bisa exit Diet MP3. Perhatikan file hasil kompresan tadi, ukurannya benar – benar fantastis dari ukuran MP3 semula…

 

Oke lah kalo begitu, Selanjutnya file MP3 hasil kompresan ini bisa kita upload ke Hosting Websites kita untuk plugin seperti di artikel ini. Selamat mencoba & berkarya…

Salam Techno IT…

Comments
  1. kareef says:

    Mas, saya mau nanya…

    bagaimana kualitas musik yang dihasilkan dari kompresi dengan diet MP3 ini?
    apakah sama saja seperti sebelumnya ataukah terjadi penurunan kualitas, secara perubahannya besar banget?

    terima kasih

    • admin says:

      # kareef… Secara kualitas emang ada sedikit penurunan, tapi tidak terlalu signifikan. Jadi hasil kompresan nya kalo untuk di nikmati beneran sich emang lebih asyik MP3 aslinya, tapi kalo untuk di tempatkan pada websites untuk sekedar teman membaca isi artikel sich oke – oke aja. Dari pada file asli 3 MB jadi dengerin lagunya sambil megap – megap ya jadi gak asyik juga toh…???

  2. sampurno says:

    wuih mantaf mas…cuman nambah dikit mas,.selain soft yang mas nathan berikan ntu,ada juga file kompres yang menurut saya cukup bagus yaitu “WINLAME”…..system kerjanya sama aja….format file bisa kita setting dari format wma,ogg,aac,dll….dengan kualitas pasti sedikit menurun…ya lumayanlah bisa menghemat source memory….kalo mo donlot ne situsnya…http://www.softpedia.com/get/Multimedia/Audio/Audio-CD-Rippers-Encoders/winLAME.shtml…pastinya gratis..tis..tis…

  3. Thanks, mau nanya juga mas, kalo aplikasi pengompres mp3 dari hp ada gak? Maksudnya, pengompresan dilakukan di hp. Thanks sebelumnya,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s