Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Kali ini saya akan sharing tentang cara membuat atau melakukan sharing Akses Internet dengan ICS ( Internet Connection Sharing ) dari akses Internet mengunakan Modem 3G. ISP yang saya gunakan adalah Indosat M2 Broom Unlimited, namun kita juga bisa melakukan dan mengunakan ICS ini dengan segala macam ISP kita ( Telkomnet, Speedy, 3G, BlackBerry, dll ).

ICS ini merupakan yang paling Simple dan sederhana, selanjutnya setelah memahami teknis ICS ini nantinya akan lebih mudah dalam melakukan konfigurasi dengan software Sharing Akses Internet seperti WinGate, WinRoute, WinProxy, Kerio WinRoute, UserGate Proxy & Firewall, Proxy Pro Gateway, dll.

Pertamax : Masuk ke menu Setting Control Panel -> Network Connection. Lalu Klik Kanan Interface koneksi Modem kita, lalu pilih Properties. Dalam memanfaatkan fitur ICS ini, Windows mensyaratkan agar Service Firewall OS Windows kita harus aktif. Jadi kita Firewall kita belum aktif maka kita harus lakukan setting pada menu “Control Panel” -> “Administratif Tools” -> “Services” -> “Windows Firewall/ICS”.

Kedua : Pilih menu tab Advanced, lalu aktifkan / centang / Checkmark Internet Connection Sharing. Lalu pilih Interface LAN yang akan kita sambungkan ke Switch atau ke Access Point atau langsung ke PC lain ( pake Cross Cable ). Dapat juga kita pilih interface Wifi kita lalu Wifi Adapter ini di setting AdHoc sebagai Infrastruktur / Access Point ( tergantung fitur Wifi Adapter anda loh, support / bisa jadi AP atau tidak ).

Ketiga : Setelah selesai tahap kedua tadi lalu kita klik oke dan akan muncul komentar seperti dibawah ini, yaitu IP Address interface LAN kita menjadi 192.168.0.1. Selanjutnya klik Yes untuk memulai mengaktifkan fitur ICS ini.

Keempat : Selanjutnya kita aktifkan Koneksi 3G kita.

Kelima : Lalu kita cek status koneksi baik 3G maupun LAN sudah Connected.

Keenam : Cek IP Address LAN kita sudah mengunakan IP Address 192.168.0.1.

Ketujuh : Selanjutnya kita lakukan setting pada PC / Laptop Client agar dapat memanfaatkan akses Internet dari PC / Laptop HOST diatas tadi. Masuk ke menu Control Panel lalu pilih Network Connection terus pilih Local Area Connection. Lalu klik kanan trus pilih Properties dan kita setting IP Address-nya seperti pada langkah ke-delapan.

~

Kedelapan : Setting IP Address PC / Laptop Client seperti contoh dibawah ini. Misalnya mengunakan IP Address : 192.168.0.2. Lalu setting Gateway-nya : 192.168.0.1 ( IP Address Interface LAN yang sudah kita setting ICS tadi ). IP DNS Server-nya adalah IP DNS Server dari Indosat M2 : 202.155.0.10 dan 202.155.0.10.

Kesembilan : Kita bisa lihat hasil setting dari Command Prompt dengan perintah ipconfig /all. Kita juga dapat melakukan Test Ping ke suatu websites atau ke suatu IP Public yang lain.

Kesepuluh : Buka Web browser lalu akses ke suatu Websites dan hasilnya…….. TARRRRRAAAAAA… berhasil….

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

OPTION YANG LAIN, dapat juga kita lakukan setting pada PC Client kita seperti capture dibawah ini :

Lakukan setting pada “Control Panel” -> “Internet Option”.

Lalu Klik Tab “Connection”.

Lalu Klik Tab “LAN Setting”. Lalu masukkan IP Gateway kita 192.168.0.1 dengan Port 80.

Selanjutnya kita coba PC Client kita untuk Browsing Internet dengan Internet Exporer atau Google Chrome. Jika kita gunakan Mozilla Firefox maka kita harus melakukan setting Proxy melalui menu Tools -> Option -> Network –> Proxy.


Oke dech kalo begitu, silahkan di coba setting ICS ini dan jika masih ada kesulitan dapat kontak ke email saya : progtel2004@yahoo.com.

Comments
  1. Ivan Jaya says:

    Kalau sharing internet 3G dari laptop dengan menggunakan koneksi wifi konsepnya sama saja yah pak Nathan?

    Saya coba dulu deh, thanks tutorialnya. Hehehehe ^_^

    • admin says:

      # Ivan Jaya… Yup… sama aja koq konsepnya, “3G to Client on the Network”. Di sharing lewat Wifi / Access Point maupun ke Switch oke – oke aja koq…

  2. wah. apakah ini berhasil di hp smart haier c700 3g. terima kash bxk pak.

  3. ok, pak, nanti kalau kakak saya datang tak suruh bwt sharing koneksi.
    tapi, saya kan cuma 2 komputer, trus pakai kabel lan saja…., apakah bisa?

  4. ya pak, terima kasih,,,, nanti kalau ada pertanyaan q tanya lagi

    terima kasih atas bantuannya

  5. Raditya says:

    wow bagus neh artikel ak salut banget…

    ak juga mau sekalian tanya nih pak admin,,,

    wifi card ak Atheros AR5007 802.11b/g WiFi Adapter
    ak udah melakukan berbagai cara untuk membuat ICS di laptop ak tapi kok pada laptop/pc client tetap gak bisa mendapatkan koneksi internet dari laptop host, ak juga pake software connectify tapi tetep aja gak bisa.
    apakah wifi card ak gak support buat ICS?
    itu saya dengan ISP smart pake HP modem E329 EVDO1x

    tetapi klo saya gunakan ISP speedy, saya bridge connections Local Area Connection(ethernet) ama Wireless Network Connection(Atheros AR5007 802.11b/g WiFi Adapter), trus ak buat adhoc………………….. jreng laptop client, nokia 9500, iphone, psp, pc bisa konek internet tapi kadang kala laptop ma pc sulit konek internet, pake software connectify menggunakan ISP speedy bisa konek tapi buat browsing gak bisa.

    yang masih bingung saya seting dari TCP/IPv4 untuk IP address, subnet mask, dan kawan²nya.

    pak admin gimana neh solusinya saya mohon pencerahan,,,,

    oya satu lagi pak admin ak jg pengguna yourfreedom, klo ak menggunakan ISP speedy speed internet saya menggunakan yourfreedom antara 6Mbps-15Mbps, tapi klo pake ISP smart sulit banget koneksi internet menggunakan yourfreedom speed di bawah 3Mbps.

    Raditya,
    ingin7@gmail.com

  6. berhasil pak, terima kasih banyak ya pak…!
    mantab artikelnya…!

    kholis virologist

  7. hamas says:

    mas tolong saya mas, saya orang gap tek tapi pingin bisa, saya udah coba 2 malam belum berhasil. modem pakai huawei 3G, mau tak sharing pakai wifi. tolong dijelaskan sesederhana mungkin. maklum basic saya bukan komp. matur nuwun sak derenge.
    jika berkenan di email aja mas. ke mulyadi_hamas@yahoo.com

  8. Remond B says:

    Akhirnya keluar juga Artikelnya🙂..
    Saya Jadi ingat dulu waktu masih belajar mikrotik… (masih ingat gak kang… konsultasinya via YM …hehheheh )
    Waktu itu saya uji coba pake settingan diatas tp di share dulu ke mikrotik (pake vmware) trus dari mikrotik dishare lagi ke wifi & lan, hasilnya sangat memuaskan…🙂

    Mungkin dikesempatan ini lah saya ingin mengucapkan Beribu-ribu Terimakasih atas Ilmu yang telah kang Nathan berikan kepada saya…🙂

    • Ingat koq… ( walaupun msh coba2 mengingat detailnya… hehehe )…
      Btw, Anyway, Busway… makasih kembali…
      Saya akan support siapapun tanpa terkecuali, walaupun saya tidak mengenal anda dan saya juga tidak berharap apa2 dari anda. Tapi dengan syarat… : “Harus sopan / beretika…”
      Itu aja koq… gak susah khan…. hehehe…

  9. Remond B says:

    heheh… iya kang, etika itu akan tetap terjaga. Mudah2an suatu saat kita bisa ketemu secara real… (jadi ngiri ama bro satu itu (hank) bisa berkunjung ke markasnya kang nathan..)

  10. tutorial yang mantab

    saya ingin bertanya, apakah sekiranya koneksi dari PC yang terkoneksi dengan internet memakai ssh+proxifier bisa dishare aksesnya lewat router?

    salam

Leave a Reply

