Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel yang telah di buat sebelumnya, yaitu Membuat VPN Server Mikrotik dan Membuat VPN Client di Windows XP serta Membuat VPN Client di Linux Ubuntu.

http://thinkxfree.wordpress.com/2010/04/16/step-by-step-membangun-vpn-server-dgn-mikrotik/

http://thinkxfree.wordpress.com/2010/04/19/membuat-koneksi-vpn-client-di-windows-xp/

http://thinkxfree.wordpress.com/2010/07/27/setting-pptp-vpn-client-pada-linux-ubuntu/

Sebelum kita melakukan setting lebih lanjut dan agar kita dapat langsung mengunakan akses VPN ini maka kita pastikan dulu ada akses internet di PC atau Laptop kita. Pada contoh artikel ini, penulis mengunakan koneksi dengan Modem 3G dan ISP TRI.

Langkah pertama : Buka menu Network and Sharing Center. Lalu pilih menu Setup a New Connection Network.

Kedua : Selanjutnya pilih menu Connect to a Network Place.

Ketiga :  Pilih menu Create a New Connection.

Keempat : Lalu pilih Use my Internet connection (VPN).

Kelima : Selanjutnya kita masukkan alamat IP Address atau Domain Name dari VPN Server kita dan Nama koneksi VPN kita ( bebas pake nama apa saja ).

Keenam : Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini dan kita masukkan Username + Password User VPN yang telah kita siapkan.

 

Ketujuh :  Perhatikan di status Network Connection kita telah muncul sebuah nama koneksi VPN yang telah kita buat tadi… Klik nama koneksi VPN tersebut lalu pilih properties.

Ketujuh : Pada menu tab General kita dapat meng-edit IP address atau nama domain dari VPN Server kita.

Kedelapan : Pada menu tab Security, kita tentukan jenis VPN kita misalnya pada contoh ini kita gunakan PPTP VPN tanpa Enkripsi.

Kesembilan : Selanjutnya pada menu tab Networking, kita cek setting pada Internet Protocol / TCP-IP. Lalu kita klik Properties dan selajutnya kita klik lagi menu Advanced.

Kesepuluh : Pada menu tab IP Settings pahami penjelasan berikut ini.

  • Jika Opsi Use default gateway on remote network kita aktifkan maka apabila Client ini sudah terkoneksi ke VPN Server maka selanjutnya Gateway yang di gunakan bukan lagi gateway dari koneksi local melainkan mengunakan Gateway yang ada pada VPN Server.
  • Jika Opsi Use default gateway on remote network kita NON-aktifkan maka apabila Client ini sudah terkoneksi ke VPN Server maka Gateway yang di gunakan TETAP gateway dari koneksi local alias tidak mengunakan Gateway yang ada pada VPN Server. Artinya VPN hanya di gunakan sebagai jembatan untuk mengakses dan memanfaatkan resource yang ada di jaringan LAN ( misalnya : FileServer, Email Server, WebServer, Applikasi internal corporate, dll )

Kesebelas : Selanjutnya kita klik OK 3 kali untuk menyelesaikan konfigurasi ini. Lalu kita cek status network / interface kita dengan perintah ipconfig/all dari Command prompt.

Keduabelas : Lalu kita test dulu sebelum terkoneksi ke VPN Server misalnya dengan melakukan ping ke salah satu IP dari PC Client yang ada di jaringan LAN kita. ( status / hasil ping masih RTO karena emang belum konek ke VPN Server ).

Ketigabelas : Selanjutnya kita Connect VPN Client kita. ( pastikan Username & Password telah kita setting dengan benar.

Keempat belas : Setelah itu koneksi VPN Client ini berhasil dan statusnya Connected seperti gambar dibawah ini.

Kelimabelas : Selanjutnya kita test lagi setelah Client terkoneksi ke VPN Server misalnya dengan melakukan ping ke salah satu IP dari PC Client yang ada di jaringan LAN kita. Dan hasilnya ping berhasil memperoleh reply dengan baik dari satu IP dari PC Client yang ada di jaringan LAN kita.

Sampai disini setting VPN Client di Windows 7 telah selesai dan kita dapat memanfaatkan resource dari jaringan LAN lebih lanjut. Mudah sekali bukan ??? Semoga  artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan semua… Salam…

Baca juga artikel ini :

https://nathangustiryan.wordpress.com/2011/06/13/sharing-diskusi-tentang-implementasi-vpn-untuk-secure-connection-akses-aplikasi-kantor-cabang-ke-kantor-pusat/

https://nathangustiryan.wordpress.com/2010/04/16/step-by-step-membangun-vpn-server-dgn-mikrotik/

https://nathangustiryan.wordpress.com/2011/05/09/step-by-step-membuat-auto-connect-vpn-saat-logon-windows/

https://nathangustiryan.wordpress.com/2010/07/27/setting-pptp-vpn-client-pada-linux-ubuntu/

https://nathangustiryan.wordpress.com/2010/04/19/membuat-koneksi-vpn-client-di-windows-xp/

https://nathangustiryan.wordpress.com/2011/06/10/step-by-step-konfigurasi-pptp-vpn-client-di-windows-7/

Comments
  1. rahman says:

    mas,saya punya problem di contivity VPN Client Nortel Networks dulu saya bisa mengoprasikan software tersebut pada koneksi speedy, tapi sekarang malah tdk bisa n malah pakai modem CDMA malah enak dipakai,kenapa ya mas kata teknisi speedy dan apa bedanya sih mohon batuannya ?

  2. Ryan says:

    Pak, saya sudah mengikuti langkah-langkah yang diberikan dan berjalan lancar pada proses PING-nya tetapi ketika saya ingin membuka koneksi database SQL dengan ODBC terjadi error dan tidak dapat terkoneksi dengan database kantor.
    Begitu pula saat saya mencoba explore folder yang disharing pada network, sama tidak dapat dibuka pak…
    Padahal IP yang saya setting pada mikrotik sudah benar Pak untuk koneksi VPN-nya sesuai dengan petunjuk Bapak pada artikel sebelumnya…
    Mohon bantuannya Pak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s