Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Berikut ini adalah Step by Step Create Virtual Machine untuk Installasi FREENAS ( persiapan sebagai shared storage pada Clustering Server ). Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya dan merupakan Panduan Praktis dalam melakukan Installasi Clustering Server. Baik untuk Clustering Windows Server, Clustering Linux Server, Oracle Real Application Cluster, dan lain-lain.

http://thinkxfree.wordpress.com/2010/03/15/konsep-dan-teknis-clustering-server-bag-1

Secara konsep dasar, Clustering membutuhkan SHARED STORAGE yang berfungsi sebagai media penyimpanan bersama dari semua server yang kita Cluster.

Perhatikan gambar dibawah ini :

Jadi untuk SHARED STORAGE tersebut kita dapat mengunakan SAN / Storage Area Network dengan Fiber Optic Connection atau NAS / Network Attached Storage dengan Ethernet Connection atau iSCSI. Selain itu, kita juga dapat membangun sendiri NAS dengan FREENAS, OPENFILER ataupun Rock Cluster dari Server dengan harga terjangkau ataupun dari PC biasa bahkan kita juga dapat membangunnya dari Virtualisasi mengunakan VMWare Workstation, VMWare ESX, Microsoft Virtual Server, Microsoft Virtual PC, Oracle VirtualBox, dan lain-lain. Apapun makanannya, eh… apapun yang kita gunakan janganlah lupa untuk memperhatikan Disaster Recovery alias Proteksi dari kerusakan hardware maupun data kita…

http://thinkxfree.wordpress.com/2010/02/09/panduan-disaster-recovery-plan-drp

Pada artikel ini kita akan membuat Virtual Machine dengan VMWare Workstation yang selanjutnya akan kita install FREENAS.

Pertama : Buka aplikasi VMWare Workstation seperti tampilan dibawah ini.

Kedua : Selanjutnya pada menu File, lalu pilih New -> Virtual Machine.

Ketiga : Lalu kita pilih Custom ( advanced ), seperti gambar dibawah ini. Lalu klik Next.

Keempat¬† : Selanjutnya pilih ‘I will install the operating system later’.

Kelima : Pada pilihan Select a Guest operating system, kita pilih Linux dengan version Other Linux 2.6.x kernel lalu klik Next.

Keenam : Selanjutnya kita tentukan nama Virtual Machine dan tentukan Folder penempatan Virtual machine ini. Misalnya seperti gambar di bawah ini.

Ketujuh : Selanjutnya kita menentukan jumlah Processor yang akan kita gunakan untuk Virtual Machine tersebut.

Kedelapan : Tahap berikutnya adalah menentukan memory, misalnya kita berikan 512 MB untuk FREENAS ini.

Kesembilan : Selanjutnya kita membuat interface ethernet mengunakan Bridged Networking agar virtual machine dapat berkomunikasi dengan jaringan LAN Real kita.

Kesepuluh : Selanjutnya menentukan jenis I/O Controller, pilih LSI Logic lalu klik Next.

Kesebelas : Tahap berikutnya adalah menentukan harddisk, pilih IDE atau SCSI, misalnya pada contoh ini dengan kapasitas 40 GB.


Keduabelas : Menentukan Folder penempatan Virtual harddisk.

Ketigabelas : Selanjutnya kita telah Ready membuat Virtual Machine, klik Finish untuk memulai proses.

Keempatbelas :Pada tahap ini kita telah berhasil membuat Virtual Machine.

Kelimabelas : Klik Edit Virtual Machine untuk menentukan Bootable CD / DVD Installer. Disini kita akan gunakan File ISO.

Keenambelas : Okey, setelah proses selesai maka kita dapat menghidupkan Virtual Machine dengan meng-klik “Power on this virtual machine”.

Ketujuh belas : Selanjutnya virtual machine telah hidup dan berfungsi layaknya Real PC / Real Server. Dan kita dapat melakukan installasi FREENAS yang akan di bahas khusus pada artikel berikutnya.

http://thinkxfree.wordpress.com/2011/06/24/step-by-step-installasi-freenas-iscsi-target-shared-storage-pada-clustering-server

Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s