Panduan Membuat Kabel LOOPBACK, CROSSOVER dan STRAIGHT TROUGH

Posted: September 7, 2011 in Artikel IT, Tips & Trik, Artikel Nathan Gusti Ryan, Cabling System, Networking, Posting Kang N4th4n
Tags:

 

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Berikut ini saya sharing Teknik dalam membuat Cable Loopback, Cross Over Cable dan Straight Trough Cable. Memang banyak tutorial yang bisa kita dapat di internet, diantaranya dari Wikipedia, dll.

http://www.topwebhosts.org/tools/rj45-wiring.php

http://en.wikipedia.org/wiki/Category_5_cable

Tapi dalam artikel ini saya akan jelaskan cara pembuatannya dengan bahasa yang simple dan mudah dimengerti.
1. Cable Loopback.

Kabel Loopback adalah sebuah konektor RJ-45 dengan 2 buah kabel pendek ( sekitar 5 – 10 Cm ) yang digunakan untuk simulasi koneksi LAN Card kita pada sebuah jaringan LAN. Kabel Loopback sering digunakan untuk berbagai keperluan RUNNING aplikasi yang memerlukan koneksi LAN namun kita tidak memungkinkan untuk menyediakan Switch atau HUB untuk mengaktifkan koneksi Laptop atau PC kita tersebut. Contohnya : untuk RUNNING aplikasi VMWARE atau software Virtualisasi yang lain,  serta untuk trial atau simulasi dalam menjalankan aplikasi Webserver Local di Laptop atau PC kita.

Berikut ini susunan kabel Loopback pada konektor RJ-45-nya :

Keterangan Gambar :

Siapkan sebuah konektor RJ-45 dan 2 buah kabel UTP dengan panjang 5 hingga 10 Cm, misalnya yang berwarna Biru dan Coklat. Lalu tancapkan kabel warna biru dari konektor PIN 1 ke konektor PIN 3, serta kabel warna Coklat dari konektor PIN 2 ke konektor PIN 6. Selanjutnya kita Crimping kabel dan konektor yang sudah terpasang tersebut.

2. Cable Cross Over.

Kabel Cross Over adalah 2 buah konektor RJ-45 dengan sebuah kabel UTP ( panjang sesuai kebutuhan, max : 100 meter ) yang digunakan untuk koneksi LAN Card sebuah PC atau Laptop kita yang disambungkan / dikoneksikan ke PC atau Laptop lain ( Peer To Peer ). Kabel Cross Over juga bisa digunakan dalam melakukan konfigurasi awal Mikrotik ( dari salah satu LAN Card di Mikrotik yang dikoneksikan langsung ke Ethernet Laptop atau PC kita ).

Berikut ini susunan Kabel Cross Over pada konektor RJ-45-nya :

Keterangan Gambar :

Siapkan 2 buah konektor RJ-45 dan 2 buah kabel UTP dengan panjang maximal 100 meter, lalu tancapkan kabel dari konektor “A” RJ-45 di PIN 1 ke konektor “B” RJ-45 di ujung yang lain pada PIN 3, lalu ke konektor “A” pada PIN 2 ke konektor “B” pada PIN 6. Sedangkan kabel dari konektor PIN 4-5-7-8 dipasang pada konektor “B” secara lurus ( 4 ke 4, 5 ke 5, 7 ke 7, 8 ke 8 ). Selanjutnya kita Crimping kabel dan konektor yang sudah terpasang tersebut.

3. Cable Straight Trough.

Kabel Straight Trough adalah 2 buah konektor RJ-45 dengan sebuah kabel UTP  yang digunakan untuk koneksi LAN Card sebuah PC atau Laptop kita yang disambungkan / dikoneksikan ke Switch atau Hub. Panjang kabel sesuai kebutuhan, max : 100 meter ( secara teori sich, tapi saya rekomendasikan agar tidak melebihi 90 meter ).

Berikut ini susunan kabel Straight Trough pada konektor RJ-45-nya :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s