Step by Step Transfer Virtual Machine dari VMWare Workstation 8 ke VMWare ESX 5

Posted: December 20, 2011 in Artikel IT, Tips & Trik, Artikel Nathan Gusti Ryan, Posting Kang N4th4n, Strategy - IT Solution, Virtualisasi, VMWare, VMWare ESX
Tags:

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Transfer Virtual Machine dari VMWare Workstation ke VMWare ESX pada tutorial ini hanyalah salah salah satu cara agar kita dapat mengunakan VMWare Workstation ( yang biasanya kita bisa membuat Virtual Machine di laptop kita karena lebih mudah di bawa kemana-mana alias pengerjaan development suatu system di rumah ataupun di luar tempat kerja kita dan selanjutnya Virtual Machine tersebut kita transfer ke VMWare ESX yang berfungsi sebagai Production Server.

Berikut ini adalah Step by Step Transfer Virtual Machine dari VMWare Workstation 8 ke VMWare ESX 5. Dengan teknik ini membuat kita tidak perlu lagi bersusah payah melakukan berbagai cara untuk men-transfer ataupun meng-Convert virtual machine kita ke VMWare ESX…

Okelah kalau begitu, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Gambar dibawah ini adalah hasil transfer yang telah sukses kita lakukan.

2. Pada VMWare Workstation dengan kondisi Virtual Machine power off, lalu klik kanan Virtual Machine lalu pilih Manage lalu menu Upload.

3. Selanjutnya kita menentukan VMWare ESX Server yang telah kita siapkan. Pilih New Server Connection.

4. Tentukan Nama Virtual Machine dan nama Host dari VMWare ESX kita serta tentukan Storage pada VMWare ESX yang akan kita gunakan. Kalau Datastore Storage-nya ada beberapa harddisk maka akan muncul pilihan untuk menentukan di Datastore Storage mana kita akan letakkan Virtual Machine yang akan kita transfer nanti.

5. Masukkan IP Address Server atau Nama Server VMWare ESX kita serta masukan Username + Password-nya, lalu kita klik Connect.

6. Selanjutnya kita memulai proses Transfer dan tunggu hingga selesai.

7. Setelah finish, silahkan lihat sendiri hasilnya. Kita bisa mengakses via Remote ke VMWare ESX Server kita mengunakan VMWare Workstation 8 ini ataupun mengunakan VSphere Client…

Selamat mencoba Cak Bro…

Salam……

Comments
  1. bulux says:

    keren om tutor nya masih jarang neh.

    om saya mau nanya dong boleh gak ?
    saya lagi mengerjakan skripsi rencana mau buat load balancing di vmware workstation untuk aplikasi php saya itu kira2 memungkinkan gak yah om ? apa2 ajah yah yg di butuhkan saya hanya menggunakan laptop intel centrino duo windows vista
    jadi pengen nya sech aplikasi saya bisa berjalan di 2 vm saya gitu om…

    bales yah om butuh pencerahan om . soalnya udah mepet aplikasi saya sudah jadi cuman untuk penerapan di vm ware untuk load balncing nya belum hikss… saya mo mencoba di plaftorm windows ,

    • @lookman_vq@yahoo.com – Aplikasi yang berjalan di 2 achine atau 2 VM itu namanya Clustered Application.
      Ya bisa aja lah… Tapi soal Clustering beginian butuh INSTING DEWA, kalo gak kuat justru bisa berbahaya… hahahaha…

      • bulux says:

        ajarin dong om hiks ..rencana mau coba2 safekit gak tau decg keburu atau enggak lg di pelajarin sech , mau pake xen servers terus utk load balan nya pake nginx udah bisa tp laptop kayanya gak kuat mesti ada 3 machine judul skripsi udah terlajnur pake vmware m kira2 ada jasa hosting yg trial gitu om yg nyedian virtual gitu

        reply ya om

        regards.
        lukman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s