Licensi Mikrotik versi 3.x dengan merubah Software ID ( Bagian 2 – Cara 1 )

Posted: March 31, 2012 in Artikel IT, Tips & Trik, Artikel Nathan Gusti Ryan, Mikrotik, Networking, Posting Kang N4th4n, Router, Strategy - IT Solution
Tags:

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Berikut ini adalah sharing tentang pemahaman Lisensi Mikrotik secara mendalam mengenai Teknis Lisensi Mikrotik yang menerapkan Lisensi berdasarkan software ID daripada storage  yang digunakan pada Mikrotik kita. Sejauh ini ada 2 cara untuk menganti Software ID harddisk, yaitu dengan cara mengunakan Roskey dalam bentuk CD Bootable dan mengunakan Roskey dalam bentuk file Keygen.npk + SSH.

Setelah kita memahami tentang Lisensi  Mikrotik, maka selanjutnya adalah memahami teknik merubah Software ID daripada harddisk yang kita gunakan untuk Mikrotik PC Router. Sharing saya ini bukan untuk mengajari membajak software milik orang lain atau mengajak untuk mengunakan software bajakan.

Tapi disini saya lebih memberikan wawasan tentang Proteksi Licensi suatu software agar lebih diperhatikan lagi oleh pembuatnya serta mengutamakan sebuah pembelajaran tentang pengunaan suatu aplikasi, suatu system atau suatu solusi karena tanpa belajar atau tanpa mempelajari dan mengunakannya maka kita tidak akan pernah tahu tentang suatu aplikasi, suatu system atau suatu solusi tersebut.

Tak kenal maka tak sayang, tak kenal suatu software maka tak akan pernah mau mengunakannya. Maka tujuan yang sebenarnya sharing saya ini adalah lebih mengenalkan tentang MIKROTIK kepada masyarakat luas…

Pertama :
Install Mikrotik 3.20 ke PC Router anda. Selanjutnya lakukan setting sebagaimana biasanya anda meng-konfigurasi Router hingga berfungsi sebagaimana mestinya. Setelah semua selesai, maka lanjutkan ke langkah berikutnya.

Kedua :
Login di Mikrotik kita dan perhatikan License Key yang ada pada Mikrotik tersebut. Lihat gambar dibawah ini…

Ketiga :
Install RouterOS-Key ( aplikasi perubah software ID lalu gunakan untuk Booting ). Lalu Login dengan Username root tanpa password. ( Lihat gambar dibawah ini… )

Keempat :
Dari Console / prompt, ketikkan ( beri perintah ) => routerkey /dev/hda selanjutnya tunggu hingga muncul Software ID sesuai Level License yang kita inginkan. Misalnya : NNFT-86N

Setelah mendapatkan Software ID : NNFT-86N , segera matikan Power Mikrotik PC Router kita.

Kelima :
Hidupkan kembali Mikrotik kita. Setelah proses Login Winbox, perhatikan Software ID dari Mikrotik kita yang sekarang telah berubah. Selanjutnya masuk ke System License dan PASTE-kan License yang telah di sediakan.

Selain copy paste, kita juga bisa mengunakan cara Import key…

Keenam :
Reboot Mikrotik kita dan setelah Login Winbox, cek License dari Mikrotik kita yang sekarang telah berubah menjadi Level 6. Mudah sekali bukan…???

Okey… sampai disini proses perubahan Software ID serta import License Key sudah selesai dan Mikrotik kita ini telah memiliki License Level 6 dengan mudah… So… selanjutnya terserah anda, jika memang benar-benar di butuhkan ya semestinya kita beli. Ataupun beli RouterBoard RB750 saja cuman 300 ribu – 400 ribu saja dengan license level 4….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s