Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel yang telah di buat sebelumnya, yaitu Membuat VPN Server Mikrotik dan Membuat VPN Client di Windows XP , Membuat VPN Client di Linux Ubuntu serta Membuat VPN Client di Windows 7.

http://thinkxfree.wordpress.com/2010/04/16/step-by-step-membangun-vpn-server-dgn-mikrotik/

http://thinkxfree.wordpress.com/2010/04/19/membuat-koneksi-vpn-client-di-windows-xp/

http://thinkxfree.wordpress.com/2010/07/27/setting-pptp-vpn-client-pada-linux-ubuntu/

http://thinkxfree.wordpress.com/2011/06/10/step-by-step-konfigurasi-pptp-vpn-client-di-windows-7/

Artikel ini lumayan butuh persiapan yang berbeda dari VPN Client dengan OS yang lain karena gampang-gampang susah buat nyiapin Mac OS  X Lion 10.7.

Langkah-langkah untuk Membuat VPN Client di Mac OS X Lion 10.7 adalah sebagai berikut :

1. Kita cek dulu konfigurasi IP Address LAN kita, pada contoh di bawah ini Mac OS X Lion kita mengunakan IP DHCP… IP Address-nya adalah 192.168.222.203.

2. Selanjutnya kita bisa cek status Mikrotik sebagai VPN Server dengan IP address : 192.168.42.10. Pada contoh ini, Mikrotik Router yang kita gunakan memang sebagai testing fungsional saja.

3. Kita lihat juga setting PPTP Server pada Mikrotik tersebut dengan IP Address LAN : 192.168.88.xxx/24.

4. Gambar dibawah ini menunjukkan konfigurasi apa adanya dari Mikrotik yang kita fungsikan sebagai VPN Server.

5. Langkah selanjutnya, pada Mac OS X Lion kita mulai mau ke menu System Preferences. Lalu pada group Internect & Wireless kita pilih menu Network.

6. Selanjutnya akan tampil menu konfigurasi Network pada Mac OS X kita, lalu kita klik symbol + untuk menambahkan konfigurasi Network kita yang baru.

7. Pada pilihan Interface, kita memilih pilihan VPN.

8. Selanjutnya kita tentukan Interface : VPN, VPN Type : PPTP, Service Name : VPN-PPTP-by-XP-Solution. Seperti tampilan gambar di bawah ini. Lalu kita klik menu Create.

9. Selanjutnya kita masukkan IP Address dari VPN Server kita ( Mikrotik dengan IP address : 192.168.42.10 ). Lalu kita isikan nama Account atau Username VPN Access yang telah kita setting pada Mikrotik kita, misalnya : vpn01. Kemudian kita tentukan jenis Enkripsi yang di gunakan ( pilih None jika kita tentukan tanpa Enkripsi ).

10. Selanjutnya pada menu Authentication Setting, kita masukkan Password Account VPN yang di buatkan di Mikrotik VPN Server.

11. Selanjutnya sampai disini kita tinggal KLIK menu CONNECT untuk memfungsikan koneksi VPN.

12. Sedangkan pada Advanced, kita bisa lakukan seting konfigurasi lebih mantap lagi seperti capture di bawah ini.

13. Termasuk juga kita bisa setting IP Address VPN Client secara manual.

14. Okey…. sampai disini kita tinggal KLICK menu CONNECT dan DISCONNECT saja sewaktu-waktu jika butuh koneksi VPN. Simbol Status koneksi VPN juga bisa kita tampilan di menu bar seperti contoh di bawah ini.

15. Selanjutnya kita juga bisa memantau status Koneksi di Mikrotik kita, baik dari menu LOG maupun dari menu Active Connection pada menu PPP.

 

Okey lah kalau begitu… Sampai disini dulu tutorial saya dalam membangun VPN Client dengan berbagai OS. Semoga bermanfaat bagi semuanya… Salam…

Comments
  1. wahyou delarocha says:

    makasi om, sangat membantu. Mau tanya lagi dong, bagaimana caranya menghilangkan koneksi server yang selalu keluar. Padahal, server tersebut sudah tidak dipakai lagi. Dan dilist pas mau konek sudah diclear recent server, tp knp masih keluar2 terus. Terima kasih atas jawabannya…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s