VMWare-vExpert-2013-Logo

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Just sharing aja… tentang sedikit perjalanan saya dalam meraih penghargaan VMWare vExpert 2013 Award. Sebagai salah satu dari 581 orang yang terpilih diantara ribuan bahkan jutaan kandidat 2013 dari seluruh dunia. Kali ini sebagai  salah satu penerima  penghargaan dari Indonesia, yang mana tahun 2013 ini baru ada 2 orang saja yang memperoleh predikat VMWare vExpert. Yaitu Mas Deddy Isawara ( @iswarade ) dari VMWare Indonesia dan saya sendiri ( @nathan_gt_ryan ) dari Evangelist  Path /  Umum.

Setiap tahun, VMWare menyelenggarakan Program seleksi dan pemberian penghargaan berupa “VMware vExpert” bagi orang-orang yang telah membuat beberapa kontribusi yang sangat penting untuk masyarakat VMware. Mereka ini adalah para blogger, penulis buku, Leader VMUG, speaker / pembicara, pembuat tool, tokoh masyarakat dan penggemar umum. Mereka bekerja sebagai admin IT dan arsitek bagi pelanggan VMware, mereka bertindak sebagai penasihat terpercaya dan pelaksana untuk mitra VMware atau sebagai konsultan independen, dan beberapa pekerjaan untuk VMware sendiri. Semua dari mereka ini memiliki semangat dan antusiasme untuk teknologi serta menerapkan teknologi untuk memecahkan masalah. Mereka telah memberikan kontribusi bagi keberhasilan kita semua dengan berbagi pengetahuan dan keahlian mereka selama hari-hari mereka, malam, dan akhir pekan. Mereka adalah kelompok yang paling menarik dan paling berbakat dalam dunia IT.

Okey, berikut ini adalah sedikit sharing alias cerita pendek perjalanan saya dari awal hinggal terpilih sebagai salah satu VMWare vExpert :

1. Pada tanggal 15 April 2013 ( sudah mendekati hari deadline loh ), saya gak sengaja kesasar ke salah satu blog VMWare ini :

http://blogs.vmware.com/vmtn/2013/03/vexpert-2013-applications-are-now-open.html

2. Jujur aja saya tidak tahu kalo ada VMWare vExpert Award. Lalu saya iseng-iseng aja mengisikan form registrasi-nya ini, saya baca dengan teliti dan saya sediakan informasi apa saja yang diminta oleh form tersebut :

http://form.jotform.us/form/30786566167163

3. Dalam mengisi form ini saya tidak muluk-muluk. Saya juga tidak berambisi untuk mendapatkan Predikat VMWare vExpert 2013, jadi memang saya tidak ada persiapan khusus untuk mendapatkan predikat VMWare vExpert ( mestinya dipersiapkan sekitar 6 bulanan sebelum pembukaan pendaftaran seleksi VMWare vExpert. So… saya hanya menunjukkan “Ini loh yang sudah saya lakukan…”

4. Lalu tanggal 30 Mei, pertama kali saya mendapatkan informasi pengumuman Pemenang melalui Twitter saya @nathan_gt_ryan yang selanjutnya saya mendapatkan link :

http://blogs.vmware.com/vmtn/2013/05/vexpert-2013-awardees-announced.html

5. Awalnya sich saya agak kaget koq tiba-tiba dapat Twitt dari vCenter Orchestrator@vCOTeam 29 May

vExpert-2013-Twitt

6. Lalu saya buka link yang diberikan :

http://blogs.vmware.com/vmtn/2013/05/vexpert-2013-awardees-announced.html

7. Mata langsung melolot sambil membaca pajangan deretan nama peraih VMWare vExpert 2013 Award. Awalnya saya tidak menemukan nama saya hingga akhir tabel, jantungku terasa dag dig dug…

NATHAN… NATHAN… NATHAN… ” ….. Wadouwww… namaku gak tercantum pada daftar nama di situ rek…

Lalu saya ulangi lagi membaca tabel dari atas / dari awal… lalu pas pada deretan nama berhuruf “G“…. eiiiittt… “GUSTI RYAN“. Yeeeessss… Ada namaku disitu dan saya sangat terharu…

8. Yach… bagiku… ini bukanlah akhir dari sebuah tujuan, tapi awal sebuah perjalanan baru. Maksudnya perjalanan dengan semangat baru. Banyak apresiasi dari berbagai pihak, namun saya sadar… bahwa masih banyak perjalanan yang harus saya lalui. Masih banyak ide-ide saya yang masih terpendam didalam kepala saya… So… lihat gebrakan selanjutnya…

~~> Virtual Appliances, Clustering on Virtualization, SAP Server and DRC on Virtualization, dan lain-lain masih banyak impian dan visi-visi saya yang menanti untuk saya relisasikan…

So… Bagaimana cara untuk menjadi VMWare vExpert?

Pahami dulu ada 3 cara / 3 jalur untuk menjadi VMWare vExpert :

Evangelist Path :
Evangelist Path meliputi penulis buku, blogger, pembuat tool, pembicara publik, VMTN kontributor dan profesional IT lainnya yang berbagi pengetahuan dan semangat mereka dengan orang lain dengan leverage platform publik milik pribadi untuk menjangkau banyak orang. Karyawan VMware juga dapat menerapkan melalui Evangelist Path. Sebuah referensi karyawan VMware dianjurkan jika aktivitas Anda tidak semua di depan umum atau yang dalam bahasa lain selain bahasa Inggris.

Customer Path :
Customer Path adalah bagi para leaders dari organisasi customer VMware. Mereka telah menjadi juara pada internal organisasi mereka atau bekerja sama dengan VMware untuk membangun kisah sukses, bertindak sebagai referensi pelanggan, memberikan wawancara dengan publik, berbicara di konferensi atau yang menjadi leaders VMUG. Sebuah referensi dari karyawan VMware dianjurkan jika aktivitas Anda tidak semua di depan umum.

VPN Path (VMware Partner Network) :
VPN Path untuk karyawan perusahaan mitra VMware yang memimpin dengan semangat dan teladan, yang berkomitmen untuk terus belajar melalui akreditasi dan sertifikasi dan untuk membuat pengetahuan teknis dan keahlian yang tersedia bagi banyak orang. Hal ini dapat mengambil bentuk partisipasi acara, video, generasi IP, serta ceramah umum. Sebuah referensi karyawan VMware diperlukan untuk kandidat VPN Path.

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan baca dan pahami link ini :

http://www.vmware.com/communities/all_communities/vexpert/faq/

Comments
  1. hasan99123 says:

    Mantap pak, pokokke besok vmware Views saya ikut pak sampe ke akar-akarnya🙂

    • Bungkus…
      Jangan lupa yo le ama sesajennya mesti jangkep loh, biar gak ngantuk.
      Males yo kalo eyang justru di tinggal tidur lagi, ntar wangsit ‘kepinterannya’ eyang lagi yang dapet. Kapan Si Tole ini bisa pinter???

      Hahahaha…

      ( ssssttt… lagi musim eyang-eyang’an. Ini mah namanya Eyang Cyber apa Eyang Virtual yach…? Wakkakakkkk… gludakzzz..).

  2. Budi Sunaryo says:

    Congrats ya Pak Nathan..
    Semoga barokah🙂

  3. harryh4nk says:

    Lanjutkan kang😀
    Buat account baru biar bisa komen2 gitu hahaha. soalnya yang lama di Ban😥

  4. Yusuf says:

    selamat atas predikat VMWare vExpert 2013 Award, semoga menjadi lebih semangat lagi untuk terus berkarya…

    • @Yusuf – Makasih kembali mas. Artikel2 karya saya ini juga gak ada apa2nya atau gak ada artinya jika gak ada yang baca ataupun hanya untuk koleksi pribadi saya. Makasih juga untuk rekan-rekan yang lain, semoga ‘sedikit’ tulisan2 saya ini bermanfaat bagi semuanya….
      IQRO’… bacalah… bacalah… bacalah… dan cobalah… You will know by your self…

Leave a Reply

